4 Fakta Penting Pengganti Wi-fi Yaitu Li-Fi

by on August 5, 2018

Wifi saat ini adalah salah satu hal yang banyak dicari oleh banyak orang, terutama untuk kaum milenial sendiri. Melihat bahwa saat ini penggunaan internet adalah salah satu hal yang sudah menjadi suatu kebutuhan dan bukan lagi untuk menjadi sebuah pelengkap. Apalagi saat sedang menunggu di suatu tempat, misalnya stasiun atau jalan-jalan di mall. Kamu pasti sudah sibuk mencari wifi gratis sana sini.

Hal ini tentunya sudah menjadi reflex untuk kita semua saat mengunjungi suatu tempat, karena saat ini wifi pun sangat mudah untuk ditemukan, baik yang membutuhkan password ataupun gratis. Namun, adanya wifi juga seringkali menjadi pertimbangan untuk sebuah restoran, bahkan kost atau kontrakan untuk menambah fasilitas usaha mereka.

Hasil gambar untuk sosmed

Wifi dianggap sebagai salah satu hal yang menyenangkan untuk banyak orang, karena dapat menghemat data internet yang mereka miliki. Pastinya gak ada kan yang menyangkal bahwa mereka membutuhkan wifi di jaman yang serba internet ini. Namun saat ini ada yang baru loh, dan di perkirakan akan menjadi pengganti dari wifi!

Dia disebut Li-Fi. Li-fi adalah inovasi baru yang menghasilkan sebuah internet hanya menggunakan cahaya lampu, hebat ya? kamu gak perlu lagi menggunakan router atau jaringan apapun, karena hanya menggunakan bola lampu kecepatan internet dapat kamu dapatkan dan lebih cepat loh. Kok bisa ya? inilah 4 fakta dari Li-fi.

4 Fakta Li-Fi Pengganti Wifi

1. Kalau wifi hanya dikembangkan dengan sinyal radio, tapi kalo wifi menggunakan cahaya yang pasalnya memang dapat dijadikan media untuk meneruskan informasi digital tanpa kabel!

Hasil gambar untuk lifi

Ide dari internet menggunakan sorotan cahaya ini dapat menjadi media komunikasi seperti sandi morse. Nantinya proses pengiriman data dapat disebut dengan Visible Light Communication (VLC). Jika wifi sendiri menggunakan jaringan radio atau yang namanya fiber optic, namun kali ini Li-fi hanya menggunakan bola lampu. Kalian tau sendiri kan bahwa bola lampu dapat ditemukan dimana-mana, nah ini yang membuat Li-fi juga nantinya mudah ditemukan.

2. Nantinya sinyal cahaya dapat digunakan untuk membawa segala macam informasi. Nantinya ponsel atau jenis elektronik yang kamu miliki akan langsung terhubung dengan koneksi internet saat terpapar sinar cahaya lampu.

Hasil gambar untuk lifi

Apakah kamu masih bingung bagaimana bisa lampu dapat membawa jaringan internet? Cara kerja Li-fi sendiri tidak berbeda jauh dengan wifi, namun bedanya hanya menggunakan bantuan cahaya saja untuk media transfernya. Nantinya sumber cahaya akan saling mendeteksi melalui sebuah sensor. Saat ini, anda dapat menggunakan atau mendeteksi Lifi untuk semua jenis cahaya, kecuali warna merah dan hijau.

3. Kecepatan Lifi nantinya akan lebih cepat dari kecepatan wifi loh.

Hasil gambar untuk lifi

Spectrum cahaya yang lebih besar dari radiolah yang membuat Lifi nantinya akan memiliki kecepatan internet yang cepat. Bahkan salah satu faktanya yaitu, kecepatan internet yang dapat anda gunakan hingga 100 Gbps. Sebelumnya pemerintah Cina sudah pernah mencoba Lifi, dan bahkan mereka mencoba untuk mengunduh sebuah film.

Bahkan unduhannya hanya memakan waktu selama 0,3 detik aja loh! jauh lebih cepat bukan dengan kecepatan yang dimiliki oleh Wifi. Kecepatan ini didapat dari spectrum gelombang elektromagnetik dari vahaya itu sendiri.

4. Walaupun masih tahap pegembangan awal, inovasi ini akan menjadi salah satu inovasi terkeren karena berhasil menjadi alternatif lain dari wifi

Gambar terkait

Gelombang radio dapat menghasilkan polusi elektromagnetik, nah Lifi ini nantinya yang akan mengurangi polusi tersebut. Tentunya dengan adanya Lifi, merupakan salah satu inovasi yang pantas untuk dicoba. Namun tidak semua respon positif datang dengan adanya Lifi, banyak orang yang merasa hal ini tidak akan semudah menggunakan wifi, karena hanya bergantung pada cahaya lampu. Namun hal ini masih dipertimbangkan dan diusahakan lebih lanjut.

 

Admin SuaraUrban.com

Leave a Comment